The Golden Graffiti

SINOPSIS NOVEL THE GOLDEN GRAFFITI
KARYA MEDINA SAFIRA
 


Judul                           : The Golden Graffiti
Penulis                         :  Medina Safira
Penerbit                       :  DAR! Mizan
Tahun Terbit                :  Juni 2013
Tebal Buku                  :  185 halaman
Genre                          :  Fantasi
Harga                          :  Rp. 30.000
ISBN                           :  978-602-242-145-0


The Golden Graffiti adalah sebuah novel remaja yang menceritakan sepasang sahabat yang bernama Medina dan Diansey. Mereka bersahabatan sejak menduduki Sekolah Dasar. Suatu hari saat Diansey pulang dari liburannya ke Singapura, Diansey membawakan  oleh-oleh yang sangat spesial yaitu buku dan pensil diberikan oleh nenek penjaga toko yang berada di Singapura yang terlihat tidak biasa. Awalnya Manda terlihat ragu dengan buku pemberian nenek itu, tetapi Diasney meyakini sahabatnya kalau buku dan pensil tersebut adalah barang yang luar biasa. Karena rasa penasaran,  ketika pulang sekolah Diasney dan Manda memutuskan untuk menyelidiki pensil dan buku tersebut dirumah Diasney. Sesampainya dirumah Diasney mereka disuguhi ramen besar dengan katsu ayam dan sukiyaki. Setelah makan mereka segera beranjak untuk menyelidiki pensil dan buku tersebut dikamarnya Diasney. Ketika diselidiki di cover buku tersebut terdapat tulisan bahasa inggris yang artinya ‘Raihlah mimpi setinggi mungkindan jangan menyianyiakan kesempatan yang ada.’ Tanpa ragu – ragu Manda dan Disney membuka buku tersebut, di halaman pertama terdapat kolom identitas dan hanya dapat ditulis menggunakan pensil yang diberikan oleh nenek penjaga toko coklat tersebut. Ketika membuka halaman kedua terdapat kalimat  yang tertulis ‘selamat menjelajahi Asia dan Eropa’ dan dihalaman tersebut terdapat peraturan yaitu jangan memberi tau buku tersebut kepada orang lain, jangan meminta bantuan orang lain, dan masih banyak peraturan yang tertera dihalaman tersebut, dan mereka pun siap untuk menjalankan petualangannya. Mereka diajak SNSD untuk makan malam bersama Setelah itu Manda harus menjemput sepupunya di bandara yang baru saja pulang dari prancis.

Keesokan harinya ketika Manda masuk kelas, suasana kelas sangat ramai, dan ternyata mereka sedang membicarakan girlband korea yaitu SNSD yang baru saja comeback. Beberapa saat setelah menonton comeback SNSD guru seni budaya memberikan tugas yaitu mengcover dance dan menyanyi lagu korea. Manda baru menyadari kalo sejak kemarin semua kejadian berhubungan dengan negara yang dia ingin kunjungi. Pulang sekolah kelompok Manda dan Diansey berlatih untuk tugas seni budaya, tema – temannya pun pulan dan hanya tersisa Diasney dan Manda, mereka berdua memutuskan untuk membuka buku itu lagi. Halaman selanjutnya tertulis ‘WELCOME TO JAPAN’ dan ada pertanyaan tentang jepang dan merekapun menjawabnya. Setelah menjawab, buku tersebut berubah menjadi berkelap-kelip dan ada perintah untuk mereka menaruh tangan mereka di atas buku tersebut. Ketika mereka manaruh tangannya di atas buku, mereka tersedot kedalam buku dan tanpa di sangka, mereka sudah tiba di jepang dan baju mereka pun berubah menjadi Yukata (baju khas jepang). Mereka tidak percaya dengan apa yang dialaminya. Ketika mereka membuka buku itu lagi hanya ada gambar takoyaki dan sushi dan disampingnya terdapat gambar kedai bertulisan kanji yang sudah pasti Manda dan Diansey tidak bisa membacanya berwarna hitam putih. Karena mereka lapar merekapun beranjak untuk mencari cafeteria yang diberi tau oleh buku tersebut. Saat sampai di cafetaria mereka justru disuruh untuk lomba memasak masakan jepang yang dimana mereka belim pernah mencobanya. Meskipu begitu, mereka memenangkan lomba tersebut dan diberi makanan gratis oleh Hiroki seorang koki di cafeteria itu. Setelah itu, mereka mamutuskan untuk ke toko coklat, saat masuk mereka diberi coklat gratis dengan gambar SHINee. Saat menerimannya hal yang sama terjadi lagi. Mereka sudah ada ditempat yang berbeda. Ya, mereka berdua sekarang sudah berada di korea selatan. Manda seperi melihat orang mirip Mikio, dia adalah salah satu juri saat lomba di jepang, Dan mereka meliat banyak kerumunan orang sedang mengantri dan mengenakan artibut SNSD. Mereka memutuskan untuk menghampiri seseorang yang sedang mengantri, dan ternyata ada acara seleksi makan malam dengan SNSD. Dengan segera mereka menghampiri meja pendaftaran, tetapi sangat disayangkan, mereka tidak bisa ikut karena syaratnya harus warna negara korea. Mereka sangat sedih dan kecewa karena impiannya tidak bisa terwujud. Mereka saling diam diam selama 2 jam, hingga mereka ketiduran di kursi taman yang dekat acara tadi. 2 jam berlalu, mereka pun bernyanyi untuk menghibur satu sama lain, tentunya lagu SNSD. Ketika mereka bernyanyi ada yang ikutan nyanyi, saat mereka menoleh kebelakang, mereka sangat terkejut ternyata dibelakang mereka ada personil SNSD.

Manda dan Diansey membuka mata perlahan lahan. Pemandangan pertama yang mereka liat bukan lah kamar hotel mereka di korea. Tak di sangka mereka sudah berada di prancis sekarang. Diansey membuka buku itu lagi, halaman selanjutnya terdapat gambar toko cokelat. Toko cokelat yang sama seperti di Jepang. Beberapa saat kemudia ada yang mengetuk kamar mereka, dan Diansey membukakan pintunya, terdengar suara jepretan kamera, dan dia menyuruh kita untuk sarapan, diansey bertanya orag itu siapa dah pria itu mengaku bukan lah orang jahat. Setelah sarapan, mereka memutuska untuk ke toko cokelat. Saat masuk ada yang memanggil manda, manda pun menoleh dan ternyata itu adalah kak Bella, sepupu Manda yang kemarin pulang ke Indonesia. kak Bella mengatakan dia akan membiayai keperluan Manda dan Diansey  dan berjanji akan mengajak meraka jalan jalan kecuali hotel. Klik! Suara jepretan terdengar lagi. Di kamar mereka membuka buku ajaib sembari menunggu kak Bella. Sudah lama buku itu tidakmemunculkan keajaiban, Bagian terakhir yang kemarin mereka buka adalah halaman bergambar toko Yummy Chocolate dengan tulisan"Bonjour" diatasnya. Halaman berikutnyatidak menandakan sebuah petunjuk. Hanya ada dua kolom yang sepertinya harus diisi dengan judul "Place I've Ever Visited". Ada beberapa gambar yang menghiasi halaman itu seperti Menara Eiffel, bendera Prancis, croissant, dan beberapa bangunan bersejarah. Telepon di kamar Manda dan Diansey berdering. Manda segera mengangkat telepon. Terdengar suara Rose dari bagian resepsionis. Ternyata Kak Bella sudah menunggu di lobby. Manda dan Diansey bergegas menuju lobi. Kak Bella tidak mengingkari janjinya untuk memeperkenalkan Manda dan Diansey dengan kak Terry. Saat di toko cokelat ada anak kembar john dan josh yang menghampiri mereka, dan berkapun bermain bersama.

Dan sekarang saatnya mereka mengunjungi Menara Eiffel. Manda dan Diansey dangan bahagia bisa melihat Menara Eiffel. Manda dan Diansey tersenyum lalu perpelukan. Impian mereka terwujud. Setelah menikmati pemandangan Menara Eiffel. Josh dan John mengajak kedua temannya ke arah rumah. Ketika sampai rumah ada spanduk yang bertulisan ‘WELCOME MANDA OCTAVIA & DIANSET TRIAZNI’ disana ada keluarga Manda, keluarga Diansey, kak Bella, keluarga kak Terry dan laki laki yang mencurigakan. Kali ini Manda mengabaikan laki laki itu. Manda dan Diansey bingung kena sumua bisa ada disini. Kak Terry meminta Manda dan Diansey ke pojok ruangan rumah itu dan isi halaman kosong pada buku itu. Manda dan Diansey terkejut bagaimana bisa kak Terry tau soal buku ajaib itu. Yang belim diidi adalah kolom "Place I've Ever Visited". Secara bergantian Manda dan Diansey menulis tempet yang merka kunjungi hari itu. Dan kemudian tulisan berwarna amas muncul degan tulisan ‘ congratulations! You’ve Successly Passed This Adventure”. Kak Terry mengatakan bahwa Manda dan Diansey tidak perlu menyembunyikan buku itu lagi. Dengan ragu, Manda dan Diansey menyerahkan buku itu kepada kak Terry. Mereka tidak tau kalu kak Terry cucu dali pemilik Yummy Chocolate. Pria berkacamata hitam itu memberi album foto yang berkelap-kelip dan bertulisan ‘My Sweetest Experience, Manda Octavia & Diansey Triazni’. Di dalam album tersebut ada foto-foto mereka di Jepang, Korea, dan Prancis. Dan tak salah lagi orang berkacamata hitam itu adalah kak Mikio, juri saat lomba masak di Jepang. Petualangn Manda dan Diansey selesai. Keluarga Manda dan keluarga Diansey pun ikut seng karena akhirnya impian anaknya terwujud.


Komentar