"Einstein"

RESENSI NOVEL EINSTEIN 
KARYA YOURKIDLEE
Judul buku : Einstein
Penulis       : Yourkidlee
Penerbit     : Coconut Books
Genre         : Roman, Fiksi
Kategori     : Young Adult, Persahabatan, Wattpad
Terbit         : Desember 2018 (Cetakan Pertama)
Tebal          : 456 halaman
Harga         : Rp. 99.000
ISBN          : 978 – 602 – 5508 – 65– 3


          11 IPA 1 Cuma kelas biasa. Identik serius dan nggak menarik sama sekali. Murid Kelas lain, khususnya golongan IPS, selalu menganggap 11 IPA 1 adalah manusia-manusia purba yang serius dan kaku, seakan classy punya tingkat yang berbeda dengan yang lain, seakan pinggiran martabak dibanding kelas lain. Nggak ada yang terkenal secara spesial di sini. Orang-orang memandang kelas 11 IPA 1 sama rata. Tetapi di novel Einstein ini bercerita kalau orang genius sebenarnya lebih tidak normal dibanding manusia biasa, tidak seperti yang dikenal orang-orang kelas yang amat sangat kaku.
       Alea seorang perempuan yang tidak terlalu populer, cuek tetapi sangat banyak disukai orang-orang dan ikut berorganisasi. Arka, Medi, Udin, Dopid manusia yang sangat tidak menggambarkan icon kelas 11 IPA 1 mereka sangat ramai. Semuanya sangat punya keanehan sendiri-sendiri kadang norak.
      Cara penulisan karakter yang tidak terlalu berlebihan, sesuai dengan kalangan remaja pada umumnya, penulis dapat memberikan mereka ciri khas pada masing-masing tokoh. Alur cerita yang digambarkan dalam novel ini terasa masuk akal sangat menggambarkan suasana sekolah menengah atas. tahap-tahap konflik dapat diceritakan dengan apik, dan penyelesaiannya cukup jelas.
       Memiliki judul yang menarik, bahkan isi tidak dapat ditebak dari sinopsis singkat di belakang buku. Cover yang menggabarkan alat tulis, cukup menarik sesuai dengan judulnya yaitu “Einstein” yang dimaksudkan dengan otak pelajaran. 
     Kekurangan Novel Einstein ini adalah cara penulis membuat narasi, terkadang pemilihan diksinya terasa kurang pas. Beberapa kata masih menggunakan kata yang tidak baku, dan kurang sopan, teralu banyak berkata kasar.
     Gambar yang terdapat pada pergantian judul kurang menarik, karena akan terlihat membosankan. Font yang diterapkan terlalu kecil hingga agak sulit untuk dibaca. Cerita yang terkandung hanya sedikit pesan moral untuk kalangan umur 15+ 
     Novel ini sebenarnya bagus dan layak untuk dibaca, juga sangat menghibur untuk mengisi waktu luang. Lebih banyakin pesan moral yang tersirat dan pilihlah diksi yang bagus, jangan terlalu banyak menggunakan bahasa / kata yang kasar karena akan sangat berpengaruh oleh kalangan 15+

Komentar

Posting Komentar