1 Tujuan Beribu Makna

19 September 2016, kami berangkat ke Singapore. murid yang berangkat ke Singapore sekitar 44 orang, dan guru yang ikut ke Singapore ada 5 yaitu Pak Kalimi, Pak Miftah, Bu Ulan, Ms. Yulis, Ms. Dewi dan 4 Tutor yaitu Bu Kokom, Pak Bogie, pak Saiful serta Pak  Ade. Sekitar jam 3:00 kami harus berkumpul di sekolah.

Day 1

setelah semuanya datang kami mulai pembukaan yang di sambut oleh Pak Kalimi, tetapi ketika semua kelas di absen ternyata ada 1 orang murid yang tertinggal yaitu Ridan (seorang murid dari kelas 8E) , hehe engga tau kenapa dia terlambat, yaudah lanjut aja ke cerita pengalamannya ya, setelah pembukaan selesai selanjutnya adalah penutupan yang di sambut oleh pak Miftah.
Sekitar jam 3:45 kami berangkat ke SHIA (Soekarno Hatta International Airport)menggunakan Bis. Sesampainya di SHIA kami langsung sholat subuh sekitar jam 4:45 - 5:05. jam 5:15 yang perempuannya mulai Check in setelah itu Baggage, Imigrasi dan Boarding. jam 8:20 kami mulai flight, Flight nya menggunaka pesawat Garuda Indonesia Economy Class GA828. Aku bersebelahan dengan Nasifa dan Ayumi, selama perjalanan aku menonton film, dengerin lagu, serta makan, sedangkan yang lain, ada yang tidur dan melihat pemandangan.sekitar jam 9.20 kami mulai Landing di Changi Airport. di Changi Airport kami melakukan check in, Setelah semua selesai check in kami pun ke Imigrasi, di imigrasi kami di check pasportnya, setelah selesai imigrasi kami istirahat termasuk makan dulu juga menungu murid yang laki-laki. Akhirnya murid laki-laki pun sampai di Changi Airport dan bersegera untuk check in dan imigrasi, tidak terlalu lama yang laki-laki pun datang ikut untuk makan bersama.
Pukul 13:30 kami langsung berangkat ke masjid Moh Ali di beri waktu 1 jam untuk sholat. Pukul 14:40 pun tiba, saatnya kami ke Merlion untuk Take a picture, kami disana berfoto foto hingga jam 16:00, atau di beri waktu 1 setengah jam untuk beres beres. Setelah itu kami langsung pergi ke Bunc Hostel tempat penginapan kami di little India Singapore. sesampainya di Bunch Hostel kami di bagikan kamar-kamarnya oleh pak Boggy, aku berada di kamar 106, kamarnya cukup untuk 12 orang, di kamar aku isinya yaitu Aku, Chalysi, Ayu, Ayumi, Davinna, Ms. Dewi, Fathiya, Athaya, Azka, Amira, Rara dan Eleza. Setelah Check in aku mandi, dan dinner di ruang makan, setelah itu kami boleh ngapain aja, tapi ada syaratnya yaitu tidak boleh berisik hingga pukul 21:00, atau mengganggu orang lain, jika berisik maka akan langsung di tegur, ya begitulah singapore, awalnya kami ingin melihat pertunjukan oranhg india, tetapi karena baru sampai di Singapur dan takutnya kami kelelahan akhirnya tidak jadi deh, hingga pukul 21:00 pun tiba dan kami langsung tidur.

Day 2
Keesokan harinya, Hari ini adalah hari ke dua di singapore, sekitar pukul 5:15 kami menuju masjid Abdul Ghoffar, karena jarak dari tempat penginapan dengan masjid tidak terlalu jauh, aku berjalan kaki dengan Chalysi dan banyak mengobrol tentang jalanan di Little India, di jalan itu kebanyakan penghuni india, dan bau jalannya pun khas, sesampainya kami bergegas sholat dan selanjutnya membaca  al-matsurat.

Hari ini kegiatannya adalah pergi ke Sulthan Mosque, Malay Heritage, New Water dan Sentosa Island. jam 09:00 kami berangkat ke Sulthan Mosque, Sulthan Mosque adalah Masjid kerajaan Singapore, masjidnya sangat besar, indah, bersih dan nyaman, di Singapore masjid yang boleh mmengumandangkan adzan dengan speaker luar hanya masjid Sultan Mosque, di Sultan Mosque kami sholat duha, dan di beri materi oleh bu Kokom. Setelah ke Sultan mosque kami langsung ke Malay Heritage di malay Heritage kami belajar tentang warisan dan budaya masyarakat melayu Singapore yang kaya, museum ini memamerkan warisan dan budaya Melayu yang kaya di Singapura, dengan artefak sejarah, pameran multimedia interaktif dan penuh warna dari koleksi nasional Singapore serta kontribusi dari masyarakat, di malay Haritage kami juga berfoto – foto. Setelah ke Malay Haritage kami pergi ke New Water menggunakan Bis, New Water adalah tempat pengolahan Air laut menjadi Air minum, di sana kami di jelaskan oleh Ms. Faith, kami di jelaskan lewat Vidio, lewat Game, juga lewat Presentasi, selain di presentasi disana kami juga diberi kemasan botol dan isinya air yang bertulis New Water.
jam 12.30 pergi ke Sentosa Island, kami ke Sentosa Island menggunakam MRT setelah itu ke stasiun Harbourfront dan ke Vivo City (level3) dan setelah itu naik Sentosa Express. Sentosa Island merupakan integrated Resort berupa puulau yang terpisah dari pulau utama negara singapore, pulau ini bisa di bilang sebagai tempat hiburan karena tempaat ini sangat menarik, mulai dari atraksi, wahana, rastoran, bahkan pantai pun ada. Pertama kali yang kami lihat di sentosa island yaitu  Animal Show, sebenarnya disitu yang ada hanya macam-macam burung, dan seekor monyet, di situ ada berbagai jenis burung, dan semua burung itu memiliki kelebihan yang sangat hebat, dan monyet pun juga.waktu sudah menujukan pukul 4 lewat, dan yang laki-laki sudah sholat sebelum nonton animal show, setelah selesai sholat, kami semua langsung ke Sentosa Beach.

Sentosa Beach adalah pantai yang berada di sentosa island, kebanyakan orang pergi ke Sentosa Beach untuk berjemur, serta bermain bersama keluarga di pantai, tapi gunanya kami kesana untuk melihat Sunset, bermain pasir juga makan, tetapi yang mau turun kebawah untuk bermain pasir hanya sedikit yaitu aku, Chalysi, Azka, Adila, Fathiya, Athaya, Amanda, Davinna, Naila, Ayumi dan yang cowonya hanya beberapa, disana pantainya sangat indah dan bersih, jadi setelah makan, sampah bekas makannya harus di buang ketempatnya untuk menjaga kebersihan. Sekitar maghrib kami pergi ke Wings of Time, sebelum masuk ke pertunjukannya kami menukarkan ticketnya dulu, Wings Of Time adalah pertunjukan di Sentosa Island, pertunjukan Wings of Time itu di suguhi drama oleh dua tokoh Rachel dan (aku lupa yang cowo namanya siapa hehehe), terus setelah itu Water, LED dan laser nya mulai bereaksi, pokonya pertunjukannya keren banget. setelah melihat Wings of Time kami segera balik ke Bunc Hostel karena sudah larut malam sebenarnya ketika kami sampai di Bunc Hostel tidak terlalu malam, malah masih jam 20:00, jadwal tidur kami sekitar jam 22:00, jadi sambil menunggu waktu tidur kami disuruh Sholat Jama’ Qasar maghrib dan Isya, setelah itu Breefing, juga masih ada waktu untuk mengobrol dengan teman atau main hp. Tak terasa sudah jam 22:00, hari ini aku tidur tepat waktu hehehe.

Day 3

Hari ini adalah hari ke3 di Singapore, tidak terasa sudah hari ke tiga, “perasaan kemarin baru datang ke Singapore” ucap teman-temanku, jadwal hari ke3 di Singapore kami pergi ke 3 tempat, tiga tempat itu yaitu ke NTU (Nanyang Technology Univercity), Marina Barrage dan Bugis.
Tujuan pertama kami ke NTU, perjalanan kami dari tempat penginapan 1 jam, dan menggunakan Bis. Sesampainya di NTU kami  di beri pembimbing atau Tutor, pembimbingnya berasal dari Indonesia, dia adalah Mahasiswa Islam yang  bersekolah di NTU atau yang disebut dengan KUNTUM ( Komunitas NTU muslim Indonesia). Ketika masuk ke gedung NTU, tempatnya sangat bagus, dan para Mahasiswa sibuk masing-masing untuk mengerjakan tugas dari kampusnya, Kampus ini dilengkapi dengan failitas modern untuk pengajaran dan riset. Diantaranya adalah jaringan intrnet tanpa kabel yang mampu menyalurkan data 54 mbps, sehingga para staf NTU dan mahasiswa dapat menggunakan peralatan geraknya untuk mengakses layanan internet dari seluruh lokasi kampus. hingga pukul 11 siang setelah itu kami makan di NTU, katanya sih ada yang ulang tahun, jadi kami di traktir. Setelah makan kami langsung bersegera untuk otw ke Marina Barrage, kami sampai di Marina Barrage sekitar jam 13:00. Di Marina Barrage kami diberi penjelasan oleh petugasnya, Marina Barrage adalah Reservoir air ke 15 dan terbesar di Singapura, bentuk gedungnya juga unik, d iatas atap gedung ini di tanami rerumputan luas atau yang di sebut dengan Green Roof, pemandangan di atas gedung ini juga bagus. Terlihat jelas waduk air tawar tang mereka simpan untuk persediaan air bersih warga Singapura, yang dibatasi dengan tembok tebal yang bisa dilewati pedestrian diatasnya, di Green Roofnya tempatnya sangat bagus, cukup bagus untuk berfoto-foto disana. Sampai jam 14:30 setelah itu kami langsung sholat. Jam 15:00, kami otw ke Bugis, sampai di Bugis jam 15:20 , di bugis kami hanya diberi waktu sekitar 2 jam, jika sudah selesai membeli oleh-oleh kami di suruh mengumpul lagi di tempat yang sudah di tentukan Bugis adalah tempat pembelanjaan, disana harganya sangat murah, ketika di Bugis aku berdua bersama Chalysi mencari oleh-oleh, selama mencari oleh-oleh kami  bermain, lari-larian, juga tertawa-tertawa, kami membeli oleh-olehnya sama, kami membeli gantungan, coklat sama baju, sebenarnya disana kami mencari Squishy tetapi sepertinya tidak ada, disana juga banyak mainan. Tak terasa sudah jam 17:00, setelah itu kami langsung berkumpul, tapi kami pulang agak telat.

Day 4
Keesokan harinya, hari ini adalah hari ke 4 di Singapur, Yeay hari ini ke Al-juneid untuk belajar pelajaran, oh ya hari ke 4 ini kami harus mandi lebih pagi, karena setelah itu kami harus siap-siap untuk sekolah di sekolah baru. setelah kami semua seleseai jam pelajarannya, kami langsung pergi ke Orchard, Orchard ada lah tempat pembelanjaan seperti mall, kami belanja-belanja di situ, aku, Chalysi,  Ayumi, Najwa, Eleza,  Amira, Zalfa, Adila, Naura, kami semua beda tempat dengan yang lain, kami membeli Ice Cream, ketika sedang memakan Ice Cream kami semua di Vidioin, juga di foto-fotoin oleh banyak orang, seperti macam artis saja hehehe, dari sisi manapun kami di foto-foto, ketika aku dan Naura tanyakan ke salah satu orang yang memoto kami, kami menanyakan seperti ini “kenapa kamu memotret kami” dengan menggunakan bahasa Inggris, dan orang itu pun bilang, “karena kalian sangat lucu-lucu” hehehe, setelah memakan Ice Cream kami kembali berjalan-jalan mencari barang yang ingin di belikan. Seteelah selesai ke Orchard, kami langsung balik lagi ke bunc Hostel, kami balik ke Bunc Hostel sekitar jam 17:00, sesampainya di Bunc Hostel sekitar jam 18:00, kami langsung bersiap-siap untuk mandi setelah itu, kami langsung Sholat, setelah Sholat kami masih ada waktu banyak untuk bersantai-santai, katanya sih anak 8A pada mau ke bugis lagi untuk membeli oleh – oleh, tetapi sepertinya aku dan Chalysi tidak ikut, karena kami males pergi malam-malam, lebih baik kami di Bunc Hostel aja. Sekitar jam 20:00 yang pada ke Bugis sudah datang ke Bunc Hostel, mereka datang membawa banyak barang. karena besok semua barang udah harus di bawa ke Al Juneid, dan tidak boleh ada yang tertinggal, jam 21:00 kami semua pun tidur.

Day 5
Keesokan harinya, hari ini adalah hari ke 5 di Singapur, hari ini adalah hari terakhir di Singapur, jadwal hari ini adalah ke Al juneid, kami bangun lebih pagi, hari ini kami memakai seragam  Hijau, dan ingin menampilkan perfomance, yg perempuan saman, yang laki-laki musika malie. setelah perpisahan di Al-Juneid kami langsung berangkat ke Singapore City Gallery, setelah itu kami ke CIA untuk balik ke Indonesia. Dan kita sampain di SOETA sekitar jam 10 malam, setelah itu menuju ke sekolah dan sampai ke sekolah sekitar jam 12 malam karena perjalanannya sangat padat.